Rabu, Juli 08, 2009

AYO BANGUN SEKOLAH BERMUTU DAN TERJANGKAU

sumber berita :http://riaupos.com/main/index.php?mib=berita.detail&id=16775

Rabu, 08 Juli 2009 , 07:40:00
Ribuan Murid Tak Tertampung

PEKANBARU (RP) - Ribuan anak didik tak tertampung di SMP dan SMA negeri yang terdapat di Pekanbaru. Setidaknya terdapat 1.192 pelajar yang akan masuk SMA dan 5.266 murid yang akan masuk SMP tak tertampung pada penerimaan siswa baru (PSB) tahun ini. Angka ini didapat dari selisih daya tampung yang tersedia dan murid yang lulus sekolah.

Daya tampung Penerimaan Siswa Baru (PSB) untuk tahun ajaran 2009/2010 daya tampung 5.431 untuk 21 SMA/SMK Negeri, daya tampung 7.960 untuk 35 SMP Negeri. Sedangkan murid SMA/SMK/ MA yang tamat sebanyak 6.623, dan jumlah murid SMP yang tamat sebanyak 13.226 murid. Kepala Dinas Pendidikan Kota Pekanbaru, Yuzamri Yakub, mengatakan kepada Riau Pos, Selasa (7/7), untuk kepastian jumlah murid yang tidak diterima di PSB belum bisa dipastikan.

‘’Belum bisa dipastikan berapa tepatnya jumlah yang tak tertampung. Hal ini dikarenakan banyaknya peminat yang berasal dari luar kota,’’ ujarnya.

Dikatakannya, angka tersebut bisa digunakan hanya untuk perbandingannya saja. Menurutnya, banyak anak yang berasal dai luar daerah yang ingin sekolah di Pekanbaru.

Untuk tahun ini, Dinas Pendidikan Kota Pekanbaru menerapkan peraturan baru. Di mana disediakan kuota lima persen untuk yang berasal dari luar daerah, sepuluh persen untuk anak tempatan dan kuota untuk anak guru yang mengajar di sekolah tersebut.

‘’Untuk yang tidak lulus PSB di sekolah negeri, bisa mendaftar di sekolah swasta. Sekolah swasta tidak kalah dengan sekolah negeri,’’ tambahnya. Menurutnya, bukti bahwa sekolah swasta tidak kalah dengan sekolah negeri dengan angka kelulusan UN yang tinggi. Ia menyebutkan salah satu contoh SMA Muhammadiyah yang angka kelulusannya mencapai seratus persen tahun ini.(cr3)

===============
Peluang amal....yo pada bangun sekolah bermutu!!!

Tidak ada komentar: