Jumat, Juli 03, 2009

70 Santri Dapat Beasiswa IPB

sumber: http://edukasi.kompas.com/read/xml/2009/07/03/14523156/70.Santri.Peroleh.Beasiswa.Masuk.IPB.


70 Santri Peroleh Beasiswa Masuk IPB
DONNY SOPHANDI/METRO BANJAR
Ilustrasi: Institut Pertanian Bogor (IPB) untuk kelima kalinya menerima 70 santri berprestasi dari seluruh Indonesia yang meraih beasiswa santri berprestasi dari Departemen Agama untuk masuk IPB melalui jalur Beasiswa Utusan Daerah (BUD).
/
Artikel Terkait:

* Teliti Mi Instan Jagung, IPB Juara Tiga Dunia!
* Asyik, Beasiswa Menarik untuk Calon Mahasiswa IPB!
* Wah, Mahasiswa Malaysia Datangi IPB

Jumat, 3 Juli 2009 | 14:52 WIB

BOGOR, KOMPAS.com - Institut Pertanian Bogor (IPB) untuk kelima
kalinya menerima 70 santri berprestasi dari seluruh Indonesia yang meraih beasiswa santri berprestasi dari Departemen Agama untuk masuk IPB melalui jalur Beasiswa Utusan Daerah (BUD).

Juru Bicara IPB, Ir Henny Windarti, MSi menjelaskan di Bogor, Jumat (3/7), sebanyak 70 calon mahasiswa IPB dari pondok pesantren (Ponpes) itu diwajibkan mengikuti pra universitas di IPB selama dua bulan sebelum memasuki perkuliahan reguler.

Ketua Tim BUD IPB, Dr Ir Ibnul Qayim menambahkan, kegiatan pra universitas itu bertujuan untuk memperkenalkan IPB lebih dini dan meningkatkan kemampuan adaptasi untuk menjadi mahasiswa IPB. Menurutnya, program itu merupakan kegiatan matrikulasi yang bersifat wajib bagi calon mahasiswa BUD dari Depag dan menjadi pertimbangan atas kelayakan keberlanjutan peserta untuk studi di IPB.

Mata kuliah yang diikuti dalam program matrikulasi adalah biologi, fisika, kimia, dan matematika. Dia mengatakan, tahun 2009 ini adalah tahun kelima IPB menerima mahasiswa BUD dari Depag. IPB menambah kuota dari tahun lalu sebanyak 60 mahasiswa menjadi 70 mahasiswa pada tahun ini.

"Jika dibandingkan dengan prestasi mahasiswa BUD dari instansi lain, mahasiswa BUD dari Depag terbaik sehingga IPB menambah kuota setiap tahunnya," katanya. Ditambahkannya, tahun lalu mahasiswa BUD dari Depag ada yang diberangkatkan ke Beijing, China, dalam rangka "Student Summit".

LTF
Sumber : Antara

Tidak ada komentar: