Langsung ke konten utama

"UPAH MINIMUM" GURU SWASTA


[ Sabtu, 18 Oktober 2008 ]
Depdiknas Tolak Upah Minimum Guru Swasta
JAKARTA - Departemen Pendidikan Nasional (Depdiknas) menolak usul untuk memberlakukan upah minimum bagi guru swasta dan honorer. Alasannya, UU tentang Guru dan Dosen telah mengatur bahwa gaji pokok dan tunjangan fungsional guru non-PNS (pegawai negeri sipil) diserahkan sepenuhnya kepada yayasan yang mempekerjakan mereka.

''Kami tidak bisa intervensi itu. Pemerintah hanya mengikuti aturan

yang ada,'' kata Menteri Pendidikan Nasional (Mendiknas) Bambang Soedibyo sesudah acara halalbihalal dan syukuran perolehan sertifikat ISO di lingkungan Depdiknas di gedung Depdiknas, Jakarta, kemarin.

Menurut Bambang, tidak semua yang disamakan akan berujung baik. Dalam hal kesejahteraan guru, kata dia, seharusnya juga diukur kualitas dan profesionalitas satuan pendidikan tersebut. ''Kalau tidak sama, jangan dipaksakan. Harus dibedakan satuan pendidikan yang berjalan dengan baik dan profesional dengan yang asal-asalan dan tidak serius,'' tuturnya.

Di alam demokrasi seperti saat ini, lanjut dia, perbedaan justru akan menimbulkan keadilan. Apalagi pemerintah telah memberikan otonomi khusus dalam manajemen berbasis sekolah. Dalam otonomi itu, kesejahteraan guru non-PNS diserahkan kepada yayasan. Besarnya ditentukan berdasar kinerja dan kemampuan para guru tersebut. ''Karena itu, banyak juga guru swasta yang gajinya lebih besar daripada guru negeri. Tetapi, memang, saya akui, lebih banyak lagi yang kesejahteraannya masih di bawah standar. Makanya, kita memberikan subsidi juga bagi guru-guru non-PNS,'' terangnya.

Meski begitu, pemerintah tetap memberikan tunjangan profesi yang sama bagi guru PNS dan non-PNS yang telah lulus uji sertifikasi melalui penilaian portofolio yang besarnya dihitung satu kali gaji pokok. Syaratnya, guru non-PNS tersebut telah menjadi guru tetap suatu yayasan.

Sebelumnya, sejumlah pihak, antara lain Forum Guru Independen Indonesia (FGII), Serikat Guru Jakarta, dan Forum Guru Honorer Indonesia, mendesak pemerintah memberlakukan upah minimum bagi guru swasta dan honorer. Minimal, setara dengan upah minimum regional (UMR) atau upah minimum provinsi (UMP). (zul/agm)


sumber: http://www.jawapos.co.id/halaman/index.php?act=detail&nid=30287

Komentar

Postingan populer dari blog ini

BUKU RAPORT PAUD DAN PLAYGROUP

Mengingat banyaknya temen-temen yang mampir ke Blog mencari contoh format Buku Raport PAUD dan Playgroup atau apapun istilahnya, buku laporan perkembangan anak didik PAUD dan sebagainya silahkan tinggalkan alamat email di komentar atau shoutbox. Mohon maaf tidak bisa diposting karena filenya berupa format MS Word. Update 25/12/2013: Ini sudah dapat diupload contoh format raport nya di sini Link nya : http://www.scribd.com/doc/193654421/Cover-Buku-Penghubung-PG Semoga bermanfaat

PENGELOLA PAUD HARUS PROFESIONAL (Aparat harus amanah!...)

sumber: http://diskominfo-pde.riau.go.id/index.php?option=com_content&view=article&id=985:pengelolaan-paud-harus-profesional&catid=1:berita&Itemid=11 PENGELOLA PAUD HARUS PROFESIONAL Jumat, 23 Oktober 2009 16:31 (Diskominfo-PDE Online) Sesuai dengan Undang-undang Nomor 20/2003 menyatakan bahwa Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) adalah suatu upaya pembinaan yang ditujukan bagi anak sejak lahir sampai dengan usia 6 tahun yang dilakukan melalui pembinaan stimulasi (ransangan) jasmani, dan rohani anak agar memiliki kesiapan memasuki pendidikan lebih lanjut. "Semakin meningkatnya orang tua bekerja diluar rumah, membuat fungsi keluarga sebagai tempat untuk mendidik anak semakin berkurang. Kompleksnya kebutuhan anak selaras dengan perkembangan Iptek juga menuntut perlunya lembaga/pihak lain yang mampu menangani pendidikan anak secara profesional," sebut Kepala Unit Pelaksana Teknis Pengembangan dan Pelatihan Pendidikan Non Formal dan Informal (UPT P3NFI) Kadirman Aries

Kelas Youtube Hari terakhir Promo & Bonus

Hari ini adalah hari pamungkas Promo Kelas Youtube Premium . Di hari terakhir ini adalah batas waktu dimana harga bakal naik dan bonus webinar special hilang! Gabung kelasnya di link berikut http://bit.ly/kelasYoutube-Priangga http://bit.ly/kelasYoutube-Priangga Dapatkan Promo dan Bonusnya ✅ Bonus WEBINAR OPTIMASI MARKETPLACE DARI TRAFFIC YOUTUBE Gabung & buat invoice saja dulu, sebelum jam 23.59 WIB nanti malam dan invoice boleh dibayar sampai 2 hari kedepan. Segera daftar JANGAN MENUNDA Gunakan kode kupon diskon 50℅ :   NASTAR .