Langsung ke konten utama

Berita SUKUK (18/06/2009)

Sumber: http://web.bisnis.com/bursa/obligasi/

Rabu, 17/06/2009 21:37 WIB
Kupon sukuk lebih murah dari obligasi konvensional

oleh : M. Munir Haikal

* Cetak
* Kirim ke Teman
* Komentar

JAKARTA (Bisnis.com): Kupon sukuk memiliki kecenderungan lebih murah dibandingkan dengan obligasi konvensional� karena basis investornya lebih luas.

Head of HSBC Amanah Syariah Mahmoud Abushamma menilai pemerintah Indonesia berpeluang meraih dana murah dengan menerbitkan sukuk dibandingkan dengan menerbitkan obligasi konvensional.

“Ada penambahan investor dari kawasan Timur Tengah yang berminat membeli sukuk,” ujarnya hari ini.

Senior Vice President HSBC Amanah Gahet Ascobat mencontohkan pemerintah Indonesia ketika menjual sukuk global senilai US$650 juta yang mendapatkan permintaan sebesar US$4,7 miliar.

“Semula kupon yang ditawarkan sekitar 9,25% tetapi karena permintaan yang besar membuat pemerintah dan underwriter menurunkan tingkat kupon menjadi 8,8%.”

Dia menjelaskan nilai sukuk yang diterbitkan tidak boleh melampaui underlying asset (aset jaminan) meskipun mengalami kelebihan permintaan. “Kalau obligasi konvensional nilainya bisa segera dinaikkan tetapi sukuk tidak bisa karena jumlah yang diterbitkan harus mengacu ke underlying asset.”

Saat ini, Pemerintah sedang membidik aset sejumlah kementerian dan lembaga senilai Rp27 triliun untuk dijadikan tambahan underlying asset penerbitan sukuk pada tahun ini.

Parlemen pada tahun lalu telah menyetujui penggunaan aset negara senilai Rp18,3 triliun sebagai underlying assets penerbitan sukuk, tetapi hanya terpakai Rp4,7 triliun. Pada tahun ini, nilai aset negara yang disetujui DPR untuk dijadikan jaminan sebesar Rp13,6 triliun dan itu sudah habis terpakai untuk penerbitan sukuk ritel dan sukuk global.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

BUKU RAPORT PAUD DAN PLAYGROUP

Mengingat banyaknya temen-temen yang mampir ke Blog mencari contoh format Buku Raport PAUD dan Playgroup atau apapun istilahnya, buku laporan perkembangan anak didik PAUD dan sebagainya silahkan tinggalkan alamat email di komentar atau shoutbox. Mohon maaf tidak bisa diposting karena filenya berupa format MS Word. Update 25/12/2013: Ini sudah dapat diupload contoh format raport nya di sini Link nya : http://www.scribd.com/doc/193654421/Cover-Buku-Penghubung-PG Semoga bermanfaat

PENGELOLA PAUD HARUS PROFESIONAL (Aparat harus amanah!...)

sumber: http://diskominfo-pde.riau.go.id/index.php?option=com_content&view=article&id=985:pengelolaan-paud-harus-profesional&catid=1:berita&Itemid=11 PENGELOLA PAUD HARUS PROFESIONAL Jumat, 23 Oktober 2009 16:31 (Diskominfo-PDE Online) Sesuai dengan Undang-undang Nomor 20/2003 menyatakan bahwa Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) adalah suatu upaya pembinaan yang ditujukan bagi anak sejak lahir sampai dengan usia 6 tahun yang dilakukan melalui pembinaan stimulasi (ransangan) jasmani, dan rohani anak agar memiliki kesiapan memasuki pendidikan lebih lanjut. "Semakin meningkatnya orang tua bekerja diluar rumah, membuat fungsi keluarga sebagai tempat untuk mendidik anak semakin berkurang. Kompleksnya kebutuhan anak selaras dengan perkembangan Iptek juga menuntut perlunya lembaga/pihak lain yang mampu menangani pendidikan anak secara profesional," sebut Kepala Unit Pelaksana Teknis Pengembangan dan Pelatihan Pendidikan Non Formal dan Informal (UPT P3NFI) Kadirman Aries

Promo Tas Eiger