Langsung ke konten utama

Artikel Serial Ramadhan (9)

RAMADHAN YANG BERTABUR HIKMAH

Demikian banyak keistimewaan yang ada di dalam bulan Ramadhan ini. Andaikata tersingkap semua hikmah bagi manusia di depan matanya dengan telanjang, makapastilah dia akan berharap sebelas bulan sisanya menjadi Ramadhan. Sederetkeistimewaan bisa kita dapatkan dalam hadits-hadits Rasulullah yang secaragamblang menggambarkan apa yang ada dalam bulan suci ini. ..
Coba kita baca hadits berikut ini:
"Semua amal manusia untuknya, kebaikan dilipatgandakan menjadi sepuluhhingga 700 kali. Allah berfirman, "Kecuali puasa. Ia untuk-Ku dan Aku akanmembalasnya. Sebab ia meninggalkan syahwatnya, makanan dan minumnya karenaAku." Orang yang berpuasa mendapatkan dua kegembiraan: kegembiraan ketikaberbuka dan kegembiraan saat berjumpa Rabbnya. Sesungguhnya bau mulut orangyang puasa lebih harum di sisi Allah dibandingkan bau kesturi" (HR. BukhariMuslim)

Puasa demikian istimewa di mata Allah. Dia hargai puasa tanpa ada bataspahala. Allah akan membalasnya sesuai dengan kadar takwa yang diapersembahkan kepada Allah. Sesuai apakah puasa yang dilakukan seratus persenuntuk Tuhannya atau karena hal lainnya. Allah memberi harga yang demikianmahal, bahkan sampai bau mulut mereka. Dia lebih harum dari minyak kesturi.Sebuah penghargaan yang sangat luar biasa. Sebuah nilai yang tiada tara.Puasa demikian spesial kedudukannya di sisi Allah.

Di bulan ini, doa-doa yang dipanjatkan pada Allah saat berbuka, tak lagiditolak. Waktu berbuka menjadi sangat istimewa di bulan ini. Doa-doa yangterlontar dari mulut yang tidak lagi kotor dan belepotan dengan kata-katakeji dan munkar, menjadi demikian berharga di sisi Allah.

Doa mereka tidak akan tertolak. Doa mereka akan tembus menembus lapis-lapislangit menuju Sang Maha Pengabul doa.: "Sesungguhnya orang yang berpuasasaat berbuka memiliki doa yang tidak akan tertolak" (HR. Ibnu Majah). Doamereka menjadi demikian mujarab. Doa mereka menjadi demikian berbobot disisi Allah.

Keistimewaan bulan ini terlihat dengan dibukanya surga Allah, ditutupnyaneraka-Nya, dan dibelenggunya syetan-syetan. Allah memberi kesempatan bagikaum muslimin untuk memburu surganya dan mengejar dengan kencangkarunia-karunia-Nya yang ditaburkan sedemikian rupa di bulan Ramadhan.

Bulan Ramdhan adalah penghulu bulan-bulan lainnya. Karena, bulan ini adalahbulan merekahnya bunga ketaatan, semburatnya kedekatan pada Tuhan. Bulan iniadalah bulan ampunan, rahmah, dan keridhaan.

Orang-orang yang berpuasa akan menjadi tamu VIP surga, sehingga dia akandiperkenankan masuk secara khusus dari sebuah pintu yang disebut denganAr-Rayyan. Dalam sebuah hadits ditegaskan, "Sesunggguhnya di dalam surga ituadalah sebuah pintu yang disebut Ar-Rayyan. Darinya orang-orang yangberpuasa akan memasuki surga dan tidak akan memasukinya kecuali orang yangpuasa" (HR. Bukhari - Muslim).

Kala orang-orang yang berpuasa masuk secara keseluruhan, maka pintu itu akansegera ditutup kembali, dan tertutuplah bagi siapa saja untuk memasukinya.Barang siapa yang masuk darinya, maka dia akan minum. Siapa yang minum, makadia tidak akan haus untuk selamanya.

Ramadhan menjadi demikian spesial, karena Allah turunkan Al-Quran yang muliadi bulan ini. Allah turunkan Kitab Suci petunjuk ini di bulan ini. Allahberi kesempatan kaum muslimin untuk memburu malam seribu bulan di bulan yangsuci ini, dengan melakukan i'tikaf di mesjid-mesjid. Allah buka kesempatanagar manusia bisa menjadi laksana bayi yang baru dilahirkan ibunya, tatkaladia sukses melakukan puasa.

Rasulullah bersabda,
"Barang siapa yang berpuasa di bulan Ramadhan karena iman dan mengharapkanridha Allah, niscaya diampuni dosa-dosanya yang telah lalu. Barang siapayang menghidupkan malam-malam Ramadhan karena iman dan mengharap ridhaAllah, niscaya diampuni dosa-dosanya yang telah lalu." (HR. Muslim).

Terbuka lebar bagi kita semua untuk bersih dari dosa-dosa masa lalu kita.Kemudian, kita membangun gugus amal kita dengan lebih baik dan lebih indah.Kita hapus dosa-dosa kita dengan amal-amal mulia yang Allah perintahkan dankita jauhi semua larangan Allah dengan sungguh-sungguh. Puasa akan menjadiperisai diri dari neraka, laksana seseorang yang memakai perisai saatberperang : "Puasa adalah perisai. Ia adalah benteng dari sekian banyakbenteng kaum muslimin." (HR. Thabrani).

Bukti lain bahwa Ramadhan demikian istimewa adalah karena seseorang yangmelakukan ibadah umrah pada bulan ini, sama dengan melakukan ibadah haji dibulan lain. Bahkan, Rasulullah juga menegaskan,
"Seutama-utamanya sedekah adalah sedekah di bulan Ramadhan." (HR. Tirmidzi).
Tak heran, jika Allah menjanjikan kepada setiap orang yang memberi buka padaorang yang puasa, dia akan mendapatkan pahala sebagaimana pahala yangdidapat oleh mereka yang puasa.
Tanpa dikurangi sedikitpun pahala itu dariorang yang puasa. Puasa juga akan memberikan syafaat pada pelakunya di harikiamat, Rosulullah saw. bersabda,
"Puasa dan Al-Quran akan memberikan syafaat bagi seorang hamba di hariKiamat. Puasa akan berkata: Wahai Tuhanku, aku telah menghalanginya darimakan dan minum pada siang hari. Sedangkan Al-Quran akan berkata: WahaiTuhanku, aku telah mencegahnya dari tidur di malam hari, maka perkenankanlahsyafaatku kepadanya. Maka syafaat keduanya diperkenankan". (HR. Ahmad).

Diantara sekian banyak yang mungkin bisa kita tangkap dan rasakan dariibadah puasa adalah bahwa dia menjadi sarana pembersihan jiwa, latihan diriuntuk menjauhi segala larangan-Nya, melatih diri menyempurnakan ibadahkepada Allah semata. Puasa selain bisa membuat jasmani menjadi sehat,sebagaimana dikatakan oleh para dokter, ia juga bisa menjadikan aspekkejiwaan manusia mengungguli aspek materi. Unsur-unsu yang memilikisifat-sifat kehewanan menjadi terkuburkan. Sebab, saat itu setiap pelakubiasa dilatih untuk sabar dan ikhlas hanya karena Allah.

Puasa akan membuat unsur tanah terkalahkan, sehingga dia tidak menjadilaksana binatang. Ruhnya menguasai dirinya, sehingga dia melambung tinggimenuju derajat para malaikat. Dalam puasa terdapat kemenangan ruh atas materi, akal dan pikiran atas nafsu syahwat. Puasa berfungsi mematahkan gelora syahwat dan mengangkat sisi nalurinya.

Puasa akan menajamkan rasa syukur nikmat kepada Allah. Saat dia lapar, dia akan merasakan bahwa kenyang demikian nikmatnya. Saat dia haus, dia akan merasakan betapa nikmatnya regukan air. Perasaan syukur nikmat ini menjalarkan kerja-kerja solidaritas dan empati yang demikian besar terhadap sesama.

Puasa memiliki sisi hikmah ijtimaiyyah. Karena pelaksanaan puasa Ramadhan akan mengajak pada kasih sayang, persamaan, lemah lembut antara seorang muslim dengan muslim lainnya.
Puasa juga akan melahirkan kecerdasan-kecerdasan dan kepekaan pikiran. Sehingga disebutkan, bahwa barang siapa yang membikin perutnya lapar, maka pikiran-pikirannya menjadi agung dan istimewa. Sementara itu, Lukman Al-Hakim berkata kepada anaknya, "Wahai anakku jika perut telah penuh sesak, maka pikiran akan tidur lelap dan hikmah (sikap bijak) akan keruan dan tubuh akan menjadi demikian malas untuk beribadah."

Maka sudah sangat pantas jika kita mengerti keistimewaan dan hikmah Ramadhan, jika kita semua bertekad bulat untuk menjadikan Ramadhan ini sebagai bulan zuhud, ta'abbud, berbuat kebajikan terhadap orang-orang yang fakir dan miskin. Jadikan ia sebagai bulan menjaga pencernaan, menjaga mulut, membersihkan jiwa dan raga. Jangan tunda untuk menjadi hamba Allah yang selalu mengejar nikmat Allah. Mari kita telurusuri lorong-lorong hikmah Ramadhan itu dengan antusiasme yang membara.

Sumber: 30 Tadabbur Ramadhan, MENJADI HAMBA ROBBANI, Meraih Keberkahan Bulan Suci
Penulis: Dr. Achmad Satori Ismail, Dr. M. Idris Abdul Shomad, MA Samson Rahman, Tajuddin, MA, H. Harjani Hefni, MA A. Kusyairi Suhail, MA, Drs. Ahlul Irfan, MM, Dr. Jamal Muhammad, Sp.THT
Source: IKADI

Komentar

Postingan populer dari blog ini

BUKU RAPORT PAUD DAN PLAYGROUP

Mengingat banyaknya temen-temen yang mampir ke Blog mencari contoh format Buku Raport PAUD dan Playgroup atau apapun istilahnya, buku laporan perkembangan anak didik PAUD dan sebagainya silahkan tinggalkan alamat email di komentar atau shoutbox. Mohon maaf tidak bisa diposting karena filenya berupa format MS Word. Update 25/12/2013: Ini sudah dapat diupload contoh format raport nya di sini Link nya : http://www.scribd.com/doc/193654421/Cover-Buku-Penghubung-PG Semoga bermanfaat

PENGELOLA PAUD HARUS PROFESIONAL (Aparat harus amanah!...)

sumber: http://diskominfo-pde.riau.go.id/index.php?option=com_content&view=article&id=985:pengelolaan-paud-harus-profesional&catid=1:berita&Itemid=11 PENGELOLA PAUD HARUS PROFESIONAL Jumat, 23 Oktober 2009 16:31 (Diskominfo-PDE Online) Sesuai dengan Undang-undang Nomor 20/2003 menyatakan bahwa Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) adalah suatu upaya pembinaan yang ditujukan bagi anak sejak lahir sampai dengan usia 6 tahun yang dilakukan melalui pembinaan stimulasi (ransangan) jasmani, dan rohani anak agar memiliki kesiapan memasuki pendidikan lebih lanjut. "Semakin meningkatnya orang tua bekerja diluar rumah, membuat fungsi keluarga sebagai tempat untuk mendidik anak semakin berkurang. Kompleksnya kebutuhan anak selaras dengan perkembangan Iptek juga menuntut perlunya lembaga/pihak lain yang mampu menangani pendidikan anak secara profesional," sebut Kepala Unit Pelaksana Teknis Pengembangan dan Pelatihan Pendidikan Non Formal dan Informal (UPT P3NFI) Kadirman Aries

Promo Tas Eiger