Langsung ke konten utama

Artikel Serial Ramadhan (14)

ARTIKEL SERIAL RAMADHAN (Bagian ke-14)
MEMBANGUN TAKWA SOSIAL LEWAT RAMADHAN
Kalimat taqwa yang didefinisikan secara umum oleh ulama dengan ungkapan melaksanakan segala perintah Allah dan meninggalkan segala larangan-Nya, menjadikan taqwa mencakup segala aspek kebaikan. Di antara model kebaikan yang hendak dibangun oleh Ramadhan adalah rasa empati terhadap sesama yang kita sebut dalam tulisan ini sebagai taqwa sosial.
Dalam teori ukhuwah, persaudaraan dan semangat untuk saling mengayomi (takaful) akan terealisasi jika didahului oleh ta’aruf (saling mengenal), tafahum (saling memahami), dan ta’awun (saling membantu). Jika kita menerapkan teori ini untuk membuktikan tesis bahwa Ramadhan dapat membangun taqwa sosial, maka kita akan sampai kepada kesimpulan bahwa Ramadhan kaya dengan praktek-praktek pemenuhan aspek-aspek teori di atas.
1. Ramadhan Mengajarkan Kita untuk Saling Ta’aruf
Allah memerintahkan kaum muslimin agar selalu membuka diri dan banyak melakukan kontak dengan orang. Membuka diri kepada banyak orang memang bukan pekerjaan tanpa resiko, karena dari sini proses saling mempengaruhi bergulir. Kalau kita tidak tanggap, maka boleh jadi membawa petaka, kita bisa terseret dalam perilaku negatif. Karenanya, saat memerintahkan ta’aruf dalam ayat 13 Surah al Hujurat, Allah mengarahkan ta’aruf kepada sasaran membangun semangat berlomba-lomba untuk mencapai derajat taqwa.
Semangat taqwa ini tidak mungkin ditemukan dalam komunitas yang tidak kenal Allah, tidak melaksanakan perintah-Nya, dan hanya berlomba-lomba meraih kesenangan sesaat. Tetapi, ia ditemukan dalam kelompok masyarakat yang hanif, memiliki kepedulian terhadap perintah Allah, dan tidak senang kemaksiatan merajalela.
Dalam menjalin ta’aruf ini, Rasulullah mengarahkan kita untuk mencari teman yang baik dan bisa mentransfer kebaikannya kepada kita, bukan sebaliknya. Rasulullah saw. bersabda,
Úóäú ÃóÈöí ãõæÓóì Úóäú ÇáäøóÈöíøö Õóáøóì Çááøóåõ Úóáóíúåö æóÓóáøóãó ÞóÇáó ÅöäøóãóÇ ãóËóáõ ÇáúÌóáöíÓö ÇáÕøóÇáöÍö æóÇáúÌóáöíÓö ÇáÓøóæúÁö ßóÍóÇãöáö ÇáúãöÓúßö æóäóÇÝöÎö ÇáúßöíÑö ÝóÍóÇãöáõ ÇáúãöÓúßö ÅöãøóÇ Ãóäú íõÍúÐöíóßó æóÅöãøóÇ Ãóäú ÊóÈúÊóÇÚó ãöäúåõ æóÅöãøóÇ Ãóäú ÊóÌöÏó ãöäúåõ ÑöíÍðÇ ØóíøöÈóÉð æóäóÇÝöÎõ ÇáúßöíÑö ÅöãøóÇ Ãóäú íõÍúÑöÞó ËöíóÇÈóßó æóÅöãøóÇ Ãóäú ÊóÌöÏó ÑöíÍðÇ ÎóÈöíËóÉð ( ÑæÇå ãÓáã )
Dari Abu Musa, dari Nabi saw., “Perumpamaan sahabat yang saleh dan sahabat yang tidak baik seperti penjual minyak wangi dan pandai besi. Penjual minyak wangi mungkin memberimu minyak wangi, atau engkau membeli darinya, atau minimal kamu mencium aroma harumnya. Sedangkan pandai besi, mungkin akan membuat bajumu terbakar, atau minimal engkau mencium aroma yang tidak sedap” (HR. Muslim)
Bahkan, dalam hadits yang lain, Rasulullah menyebutkan bahwa teman kita memiliki peran dominan dalam kualitas keberagamaan kita,
Úóäú ÃóÈöí åõÑóíúÑóÉó ÞóÇáó ÞóÇáó ÑóÓõæáõ Çááøóåö Õóáøóì Çááøóåõ Úóáóíúåö æóÓóáøóãó ÇáÑøóÌõáõ Úóáóì Ïöíäö Îóáöíáöåö ÝóáúíóäúÙõÑú ÃóÍóÏõßõãú ãóäú íõÎóÇáöáõ ÞóÇáó ÃóÈõæ ÚöíÓóì åóÐóÇ ÍóÏöíËñ ÍóÓóäñ ÛóÑöíÈñ
Dari Abi Hurairah berkata, Rasulullah saw. bersabda, “Seseorang itu terkait erat dengan agama saudaranya. Hendaklah engkau memperhatikan dengan siapa dia berteman.” (HR.Tirmidzi, An Nasa’i, dan Ahmad)
Ramadhan secara intensif mengarahkan kita untuk bertemu dengan kelompok masyarakat yang saleh, atau yang ingin berubah menjadi saleh. Di antara sarana-sarana ta’aruf di bulan Ramadhan adalah sahur bersama keluarga. Keluarga yang sibuk merasakan saat sahur bersama keluarga adalah sarana untuk lebih saling mengenal dan lebih dekat dengan anggota keluarga.
Sarana lain adalah buka puasa bersama. Ini bisa dilakukan untuk membangun komunikasi dengan komunitas baru, atau ingin mempererat hubungan dengan komunitas yang sudah ada. Bisa dilakukan di keluarga besar, paguyuban, RT, Masjid, perkantoran, antara guru dengan siswanya, dengan rumah-rumah panti asuhan, panti jompo, narapidana dan sebagainya.
Salat tarawih adalah juga sarana efektif untuk ta’aruf. Jika pertemuan sholat ini berlangsung dalam rentang waktu yang cukup panjang, insya Allah akan lebih mendekatkan kita dengan saudara kita yang lain.
Tadarus bersama, dengan membaca al Qur’an dan mengkaji beberapa maknanya adalah juga sarana ta’aruf yang baik. Sedang ta’aruf yang paling intensif bisa dilakukan pada saat i’tikaf, di mana kita memiliki kesempatan untuk tinggal bersama selama 10 hari di dalam satu masjid, dengan tujuan sama ingin mendekatkan diri kepada Allah.
2. Ramadhan Mengajarkan Kita untuk Saling Tafahum
Jika sarana-sarana yang tersedia di atas bisa dimanfaatkan dengan baik, kita akan mengenal lebih dekat saudara kita, baik secara fisik, psikologi, maupun pemikirannya.
Kesalahpahaman sering terjadi akibat tidak tergalinya informasi tentang teman kita secara baik. Padahal, dengan pengenalan yang baik itu kita akan terhindar dari larangan Allah, seperti mudah marah, berburuk sangka, dan membincangkan yang tidak pada tempatnya tentang teman.
Untuk membangun sikap mudah memahami teman, Ramadhan mengajarkan kita agar tidak mudah marah, tidak boleh berburuk sangka dengan orang, dan tidak boleh ghibah.
Úóäú ÃóÈöí åõÑóíúÑóÉó ÑóÖöíó Çááøóåõ Úóäúåõ ÑöæóÇíóÉð ÞóÇáó ÅöÐóÇ ÃóÕúÈóÍó ÃóÍóÏõßõãú íóæúãðÇ ÕóÇÆöãðÇ ÝóáóÇ íóÑúÝõËú æóáóÇ íóÌúåóáú ÝóÅöäú ÇãúÑõÄñ ÔóÇÊóãóåõ Ãóæú ÞóÇÊóáóåõ ÝóáúíóÞõáú Åöäøöí ÕóÇÆöãñ Åöäøöí ÕóÇÆöãñ (ÑæÇå ãÓáã)
“Dari Abu Hurairah ra. Jika kalian berpuasa, hendaklah tidak berkata kotor dan sembrono. Apabila ada orang yang mengumpatnya atau mengajaknya untuk berkelahi, katakanlah: aku sedang puasa, aku sedang puasa”. (HR.Muslim)
Dalam hadits lain disebutkan :
ÇáÕøóæúãõ ÌõäøóÉñ ãóÇ áóãú íóÎúÑöÞúåóÇ (ÑæÇå ÇáäÓÇÆí )
“Puasa itu adalah benteng, selama tidak ada yang menembusnya” (HR.An-Nasai). Dalam Sunan Ad Darimi disebutkan, yang bisa merusak benteng puasa itu adalah ghibah.
Larangan Allah untuk marah, buruk sangka, dan ghibah ini baru bisa kita lakukan manakala kita telah mengenal saudara kita dengan baik. Dengan demikian, larangan marah ini tidak berdiri sendiri, tetapi didahului dengan saling mengenal secara baik lewat sarana-sarana Ramadhan yang disebut di atas.
3. Ramadhan Mengajarkan Kita untuk Saling Ta’awun
Setelah kita mengenal baik saudara kita, kita akan memahami kecenderungan jiwa maupun kondisi ekonomi mereka. Orang yang memahami kondisi saudaranya secara umum, lebih mudah untuk membantu daripada orang yang tidak kenal sama sekali. Sasarannya adalah orang-orang miskin yang terdeteksi dari interaksi mereka yang panjang selama Ramadhan.
Úóäú ÇÈúäö ÚóÈøóÇÓò ÞóÇáó ÝóÑóÖó ÑóÓõæáõ Çááøóåö Õóáøóì Çááøóåõ Úóáóíúåö æóÓóáøóãó ÒóßóÇÉó ÇáúÝöØúÑö ØõåúÑóÉð áöáÕøóÇÆöãö ãöäú ÇááøóÛúæö æóÇáÑøóÝóËö æóØõÚúãóÉð áöáúãóÓóÇßöíäö ãóäú ÃóÏøóÇåóÇ ÞóÈúáó ÇáÕøóáóÇÉö Ýóåöíó ÒóßóÇÉñ ãóÞúÈõæáóÉñ æóãóäú ÃóÏøóÇåóÇ ÈóÚúÏó ÇáÕøóáóÇÉö Ýóåöíó ÕóÏóÞóÉñ ãöäú ÇáÕøóÏóÞóÇÊö (ÃÈæ ÏÇæÏ)
Dari Ibnu Abbas berkata, “Rasulullah saw. mewajibkan zakat fithrah sebagai pembersih orang yang berpuasa dari perkataan yang tidak pantas, dan untuk memberikan makan buat orang-orang miskin…” (HR.Abu Dawud).
Selain zakat fithrah, Rasulullah saw. mencontohkan kepada kita untuk lebih dermawan di bulan Ramadhan. Dalam sebuah hadits disebutkan,
Úä ÇÈúäö ÚóÈøóÇÓò ÞóÇáó ßóÇäó ÑóÓõæáõ Çááøóåö Õóáøóì Çááøóåõ Úóáóíúåö æóÓóáøóãó ÃóÌúæóÏó ÇáäøóÇÓö ÈöÇáúÎóíúÑö æóßóÇäó ÃóÌúæóÏó ãóÇ íóßõæäõ Ýöí ÔóåúÑö ÑãÖÇÊ... (ÕÍíÍ ãÓáã)
“Ibnu Abbas berkata, Rasulullah saw. adalah orang yang paling dermawan dalam bidang kebajikan, dan kedermawanan beliau meningkat selama bulan Ramadhan”. (HR. Muslim)
Taqwa tidak dapat diraih dengan mengabaikan aspek sosial dan hanya sibuk dengan urusan pribadi. Bukan hanya taqwa yang tidak diraih, bahkan keimanan kita pun menjadi tanda tanya besar, apakah benar kita orang yang beriman, atau kita adalah orang yang hanya mengaku beriman tanpa bukti.
Orang yang perlakuannya kasar dengan anak yatim dan tidak peduli dengan orang miskin dikatakan orang yang mendustakan agama. Allah berfirman,
“Tahukah kamu (orang) yang mendustakan agama? Itulah orang yang menghardik anak yatim, dan tidak menganjurkan memberikan makan orang miskin”. (Al-Maa’uun: 1-30 )
Sebaliknya, orang yang peduli dengan sesama digambarkan secara jelas oleh Allah sebagai salah satu variable meraih taqwa. Allah berfirman,
“Dan bersegeralah kamu kepada ampunan dari Tuhanmu dan kepada surga yang luasnya seluas langit dan bumi yang disediakan untuk orang-orang yang bertaqwa. (Yaitu) orang-orang yanag menafkahkan (hartanya), baik diwaktu lapang maupun sempit…” (Ali Imran: 133-134)
Sedangkan di tempat lain, Allah menggandengkan kalimat suka memberi dengan taqwa, sebagai isyarat bahwa dua kalimat adalah kembar siam. Apabila dipisahkan, maka taqwa tidak mungkin diraih.
Ramadhan adalah bulan motivasi meningkatkan kepedulian sosial, mudah-mudahan kita terpacu meraihnya, karena tanpanya tujuan puasa “la’allakum tattaqun” tidak akan terealisasi.
Sumber: 30 Tadabbur Ramadhan, MENJADI HAMBA ROBBANI, Meraih Keberkahan Bulan Suci
Penulis: Dr. Achmad Satori Ismail, Dr. M. Idris Abdul Shomad, MA Samson Rahman, Tajuddin, MA, H. Harjani Hefni, MA A. Kusyairi Suhail, MA, Drs. Ahlul Irfan, MM, Dr. Jamal Muhammad, Sp.THT
Source: IKADI

Komentar

Postingan populer dari blog ini

BUKU RAPORT PAUD DAN PLAYGROUP

Mengingat banyaknya temen-temen yang mampir ke Blog mencari contoh format Buku Raport PAUD dan Playgroup atau apapun istilahnya, buku laporan perkembangan anak didik PAUD dan sebagainya silahkan tinggalkan alamat email di komentar atau shoutbox. Mohon maaf tidak bisa diposting karena filenya berupa format MS Word. Update 25/12/2013: Ini sudah dapat diupload contoh format raport nya di sini Link nya : http://www.scribd.com/doc/193654421/Cover-Buku-Penghubung-PG Semoga bermanfaat

PENGELOLA PAUD HARUS PROFESIONAL (Aparat harus amanah!...)

sumber: http://diskominfo-pde.riau.go.id/index.php?option=com_content&view=article&id=985:pengelolaan-paud-harus-profesional&catid=1:berita&Itemid=11 PENGELOLA PAUD HARUS PROFESIONAL Jumat, 23 Oktober 2009 16:31 (Diskominfo-PDE Online) Sesuai dengan Undang-undang Nomor 20/2003 menyatakan bahwa Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) adalah suatu upaya pembinaan yang ditujukan bagi anak sejak lahir sampai dengan usia 6 tahun yang dilakukan melalui pembinaan stimulasi (ransangan) jasmani, dan rohani anak agar memiliki kesiapan memasuki pendidikan lebih lanjut. "Semakin meningkatnya orang tua bekerja diluar rumah, membuat fungsi keluarga sebagai tempat untuk mendidik anak semakin berkurang. Kompleksnya kebutuhan anak selaras dengan perkembangan Iptek juga menuntut perlunya lembaga/pihak lain yang mampu menangani pendidikan anak secara profesional," sebut Kepala Unit Pelaksana Teknis Pengembangan dan Pelatihan Pendidikan Non Formal dan Informal (UPT P3NFI) Kadirman Aries

Promo Tas Eiger