Langsung ke konten utama

BERITA SEPUTAR SEKOLAH DASAR RENGAT

http://www.riaupos.com/v2/content/view/7018/61/
Lima SD Menuju Taraf Internasional
Jumat, 13 Juni 2008
Laporan AHMAD DAMRI, Rengat
LIMA Sekolah Dasar (SD) di Kabupaten Inhu ditetapkan sebagai sekolah berwawasan keunggulan se-Provinsi Riau. Ini merupakan kegiatan pembinaan SD berwawasan keunggulan menuju Sekolah Bertaraf Internasional (SBI).

Kepala Dinas (Kadis) Pendidikan Inhu Dra Hj Herawati MM menjawab Riau Pos, Kamis (12/6) di Rengat membenarkan adanya penetapan tersebut. Berdasarkan Keputusan Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Riau Nomor 1419/KPTS/Kep/P/2008, tentang penunjukan dan penetapan sekolah berwawasan keunggulan se-Provinsi Riau.

Dikatakan Herwati, Dinas Pendidikan sebelumnya mengajukan sejumlah sekolah yang pantas ditetapkan menjadi sekolah berwawasan unggulan tersebut. Tapi berdasarkan penilaian terakhir dari Dinas Pendidikan Provinsi Riau, ada sebanyak SD yang ditetapkan menjadi SD berwawasan keunggulan menuju sekolah bertaraf internasional.

Sekolah tersebut adalah, SDN 019 Kelurahan Kampung Dagang, SDN 004 Sukajadi Lirik, SDN 012 Pasar Sungai Lala, SDN 003 Kembang Harum dan SDN 015 Peranap. ‘’Inilah sekolah yang akan dibina untuk menjadi sekolah unggul menuju sekolah bertaraf internasional,’’ terang Herawati.

Memang sebutnya, untuk menuju sekolah berwawasan internasional itu bukan masalah yang mudah. Jangankan untuk bertaf internsional, untuk bertaraf nasional saja sudah sangat sulit mengejarnya. Namun jika dilakukan dalam pembinaan yang baik, dia yakin suatu saat nanti apa yang di cita-citakan itu bisa terwujud di Kabupaten Inhu.

Di antaranya adalah harus di dukung dengan guru yang berkualitas, karena mesti menguasai paling tidak bahasa pengantar yaitu Bahasa Inggris. Selain itu juga harus didukung dengan ketersedian sarana, labor serta kemampuan para siswa yang mengikuti program pendidikan.

Nantinya akan dilakukan secara bertahab, yaitu dengan menyelenggarakan di lokal rintisan dahulu. Baru setelah itu secara bertahab diterapkan secara keseluruhan. Karena dibina langsung oleh Disdik Provinsi Riau dan Disdik Inhu, maka diharapkan nanti sekolah tersebut akan terus maju dan menghasilkan anak didik yang berkualias.***



sumber : http://metroriau.com/?q=node/3815

SBI Dikembangkan di Inhu

RENGAT - Sekolah Bertaraf Internasional (SBI) saat ini mulai dikembangkan di wilayah Kabupaten Indragiri Hulu (Inhu). Untuk tahap awal, sebanyak lima Sekolah Dasar (SD) sudah ditunjuk sebagai sekolah berwawasan keunggulan.
Dari data yang diperoleh Metro Riau bahwa berdasarkan keputusan Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Riau Nomor 1419/KPTS/Kep/P/2008, tentang penunjukan dan penetapan sekolah berwawasan keunggulan se-Provinsi Riau. Untuk Inhu sudah ditetapkan sebanyak lima SD untuk menjadi sekolah unggul menuju SBI.
Kelima SD tersebut adalah SDN 019 Kelurahan Kampung Dagang, SDN 004 Sukajadi Lirik, SDN 012 Pasar Sungai Lala, SDN 003 Kembang Harum dan SDN 015 Peranap. Diperkirakan jumlah sekolah yang akan dibina menuju SBI di Inhu akan terus mengalami peningkatan.
Ketua LSM Lilin Kabupaten Indragiri Hulu (Inhu), Teguh Suharto menyambut baik ditetapkannya lima SD di Inhu sebagai sekolah unggul bertaraf internasional. "Diantaranya apakah SD yang ditetapkan tersebut sudah memiliki kelengkapan sekolah seperti labor, perpustakaan serta berbagai fasilitas lainnya yang bertaraf internasional. Selain itu yang terpenting adalah kemampuan guru dalam mentransfer ilmu kepada anak juga harus memiliki wawasan kemampuan internasional," ujarnya.
Kalau berbagai perangkat tersebut belum terpenuhi, menurut Teguh pihaknya pesimis kalau lima SD yang ditetapkan sebagai sekolah unggul tersebut mampu melaksanakan proses belajar berataraf internasional.
"Jadi semua pihak diharapkan cepat tanggap terhadap beban yang diberikan, sehingga kualitas siswa yang dilahirkan dari SD SBI betul-betul dapat dibanggakan," jelasnya. (dasmun)





Komentar

Postingan populer dari blog ini

BUKU RAPORT PAUD DAN PLAYGROUP

Mengingat banyaknya temen-temen yang mampir ke Blog mencari contoh format Buku Raport PAUD dan Playgroup atau apapun istilahnya, buku laporan perkembangan anak didik PAUD dan sebagainya silahkan tinggalkan alamat email di komentar atau shoutbox. Mohon maaf tidak bisa diposting karena filenya berupa format MS Word. Update 25/12/2013: Ini sudah dapat diupload contoh format raport nya di sini Link nya : http://www.scribd.com/doc/193654421/Cover-Buku-Penghubung-PG Semoga bermanfaat

PENGELOLA PAUD HARUS PROFESIONAL (Aparat harus amanah!...)

sumber: http://diskominfo-pde.riau.go.id/index.php?option=com_content&view=article&id=985:pengelolaan-paud-harus-profesional&catid=1:berita&Itemid=11 PENGELOLA PAUD HARUS PROFESIONAL Jumat, 23 Oktober 2009 16:31 (Diskominfo-PDE Online) Sesuai dengan Undang-undang Nomor 20/2003 menyatakan bahwa Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) adalah suatu upaya pembinaan yang ditujukan bagi anak sejak lahir sampai dengan usia 6 tahun yang dilakukan melalui pembinaan stimulasi (ransangan) jasmani, dan rohani anak agar memiliki kesiapan memasuki pendidikan lebih lanjut. "Semakin meningkatnya orang tua bekerja diluar rumah, membuat fungsi keluarga sebagai tempat untuk mendidik anak semakin berkurang. Kompleksnya kebutuhan anak selaras dengan perkembangan Iptek juga menuntut perlunya lembaga/pihak lain yang mampu menangani pendidikan anak secara profesional," sebut Kepala Unit Pelaksana Teknis Pengembangan dan Pelatihan Pendidikan Non Formal dan Informal (UPT P3NFI) Kadirman Aries

Promo Tas Eiger