Langsung ke konten utama

Ujian Nasional 2010

sumber: http://riaupos.com/berita.php?act=full&id=7713&kat=3

2010, Tak Lulus UN Bisa Diulang
13 November 2009
14 klik Beritahu Teman

Kebijakan BSNP untuk Minimalisir Sekolah Curang
JAKARTA (RP) - Peluang siswa untuk lulus dalam ujian nasional (UN) 2010 semakin terbuka lebar.

Ini setelah Badan Standarisasi Nasional Pendidikan (BSNP) bakal memberlakukan ujian ulangan bagi peserta yang gagal dalam ujian tersebut. Selain itu, beberapa kebijakan baru terkait UN juga berubah.

Perubahan itu sudah dituangkan dalam Permendiknas Nomor 75/2009 tentang ujian nasional SMP/MTs/SMPLB/SMA/MA/SMALB. Peraturan itu sudah dikirim ke seluruh provinsi. Anggota BSNP Prof Mungin Eddy Wibowo mengatakan, ada beberapa kebijakan baru dalam pelaksanaan UN nanti. Pertama, adanya ujian ulang. Dia mengatakan, memang tahun lalu kebijakan ujian ulang diadakan. Namun, kebijakan itu diambil lantaran banyaknya sekolah yang melakukan kecurangan.

“Tahun lalu, kami tidak menjadwalkan. Tapi nanti 2010, jadwal ujian ulang telah kami tentukan sejak awal,” terangnya, kemarin. Kendati ada ujian ulang, kata Mungin, bukan berarti siswa bakal diluluskan semua. “Yang tidak lulus ujian utama dan ujian susulan ya bisa jadi tidak lulus juga saat ujian ulang,” tuturnya.

Dia mengatakan, kebijakan itu diambil untuk menghindari banyaknya kecurangan seperti tahun-tahun sebelumnya. Dengan adanya ujian ulang, pemerintah berharap tidak ada upaya dari sekolah untuk membentuk tim sukses. Adanya ujian ulang tersebut juga berimbas terhadap pergeseran jadwal UN. BSNP memutuskan bakal memajukan jadwal ujian utama. Yaitu, pada pekan ketiga Maret 2009 untuk SMA/MA/SMALB.

Sedangkan, UN susulan (bagi siswa yang berhalangan) dilaksanakan pada pekan keempat. Sementara, ujian ulangan diadakan pada pekan pertama April 2009. Tahun lalu, pelaksanaan UN utama diselenggarakan pada April. Mungin menjelaskan, alasan pengajuan jadwal itu agar siswa memiliki waktu lebih lama untuk mempersiapkan diri masuk perguruan tinggi. Sebab, berdasarkan pengalaman tahun lalu, persiapan siswa masuk PT amat sempit. Apalagi, saat digoyang kasus ujian ulang oleh 33 SMA yang dinyatakan curang. Dengan jadwal dimajukan ini, siswa memiliki waktu 1,5 bulan untuk menyiapkan diri masuk PT.

Tak hanya perubahan jadwal UN, tahun ini BSNP juga mengubah sistem penyelenggaraan ujian di sekolah. UN SMA bakal dibagi per kluster. Mungin mencontohkan, satu wilayah bisa dihuni empat sekolah. Misalnya, sekolah A, B, C, dan D. Nah, siswa sekolah A bisa disebar ke sekolah B, C, dan D. Demikian pula siswa sekolah B, bisa disebar ke sekolah C, D, dan A. “Kami akan kelompokan berdasarkan sekolah terdekat,” jelasnya. Tak hanya itu, jelas Mungin, satu ruangan bisa diisi 20 siswa dari beberapa sekolah. Misalnya, satu ruang bisa diisi siswa dari sekolah A, B, C, dan D. Dengan sistem tersebut, penyelenggaraan UN diharapkan lebih fair.

Selain itu, mulai tahun ini PTN bakal berperan sebagai kordinator pengawas UN SMA/MA/SMALB. PTN juga diberi kewenangan luas dengan mencetak soal UN. Sebelumnya, wewenang itu di bawah kendali dinas pendidikan provinsi melalui tender. Alhasil, karena melalui tender, maka yang dipilih harga termurah.

Kualitas soal kurang memuaskan. Nantinya, kata Mungin, pencetakan naskah soal dilakukan swaskelola atau melalui penunjukan langsung (PL). “Kami sudah koordinasi dengan PT dan majelis rektor menyatakan kesiapannya,” terang pejabat asli Semarang itu. Memang, kata dia, tidak semua PT siap mencetak naskah soal. Karena itu, bakal ditunjuk satu PTN yang nantinya membawahi PTN-PTN lain.

BSNP menjamin kerahasiaan naskah soal juga lebih terjaga. Sebab, penjagaan pencetakan naskah bakal diperketat. Petugas pencetakan bakal dikarantina hingga proses pencetakan selesai dilakukan. “Perguruan tinggi yang bertanggung jawab terhadap keamanan soal,” ungkapnya.(kit/fia)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

BUKU RAPORT PAUD DAN PLAYGROUP

Mengingat banyaknya temen-temen yang mampir ke Blog mencari contoh format Buku Raport PAUD dan Playgroup atau apapun istilahnya, buku laporan perkembangan anak didik PAUD dan sebagainya silahkan tinggalkan alamat email di komentar atau shoutbox. Mohon maaf tidak bisa diposting karena filenya berupa format MS Word. Update 25/12/2013: Ini sudah dapat diupload contoh format raport nya di sini Link nya : http://www.scribd.com/doc/193654421/Cover-Buku-Penghubung-PG Semoga bermanfaat

PENGELOLA PAUD HARUS PROFESIONAL (Aparat harus amanah!...)

sumber: http://diskominfo-pde.riau.go.id/index.php?option=com_content&view=article&id=985:pengelolaan-paud-harus-profesional&catid=1:berita&Itemid=11 PENGELOLA PAUD HARUS PROFESIONAL Jumat, 23 Oktober 2009 16:31 (Diskominfo-PDE Online) Sesuai dengan Undang-undang Nomor 20/2003 menyatakan bahwa Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) adalah suatu upaya pembinaan yang ditujukan bagi anak sejak lahir sampai dengan usia 6 tahun yang dilakukan melalui pembinaan stimulasi (ransangan) jasmani, dan rohani anak agar memiliki kesiapan memasuki pendidikan lebih lanjut. "Semakin meningkatnya orang tua bekerja diluar rumah, membuat fungsi keluarga sebagai tempat untuk mendidik anak semakin berkurang. Kompleksnya kebutuhan anak selaras dengan perkembangan Iptek juga menuntut perlunya lembaga/pihak lain yang mampu menangani pendidikan anak secara profesional," sebut Kepala Unit Pelaksana Teknis Pengembangan dan Pelatihan Pendidikan Non Formal dan Informal (UPT P3NFI) Kadirman Aries

Kelas Youtube Hari terakhir Promo & Bonus

Hari ini adalah hari pamungkas Promo Kelas Youtube Premium . Di hari terakhir ini adalah batas waktu dimana harga bakal naik dan bonus webinar special hilang! Gabung kelasnya di link berikut http://bit.ly/kelasYoutube-Priangga http://bit.ly/kelasYoutube-Priangga Dapatkan Promo dan Bonusnya ✅ Bonus WEBINAR OPTIMASI MARKETPLACE DARI TRAFFIC YOUTUBE Gabung & buat invoice saja dulu, sebelum jam 23.59 WIB nanti malam dan invoice boleh dibayar sampai 2 hari kedepan. Segera daftar JANGAN MENUNDA Gunakan kode kupon diskon 50℅ :   NASTAR .