Langsung ke konten utama

Tanggap Darurat Pada Saat Terjadi Bencana

Rentetan gempa beberapa hari ini mengusik saya mencari-cari buku "oleh-oleh" dari Jepang dulu -awal 2006- rasanya di dalam buku tsb ada tips menghadapi darurat bencana. Berikut cuplikan tulisannya, supaya sesuai kondisi saya cuplikan dulu tentang gempa...belum sempet googling sih mungkin di situs BASARNAS ada juga :

Kesiapan Menghadapi Bencana
Gempa BumiPada masing-masing pusat pelatihan anda bisa memperoleh pamflet yang berisi mengenai langkah-langkah tertentu dan rute menuju daerah yang ditetapkan sebagai daerah aman. Harap pelajari juga "buku petunjuk" (shiori) yang dikeluarkan masing-masing pemerintah daerah.
Bila terjadi gempa bumi besar maka bisa terjadi rumah rubuh, kebakaran, matinya aliran listrik, dan terhentinya pasokan air. Berhati-hatilah agar kepala anda tidak tertimpa benda-benda yang berjatuhan. Amankan furniture atau peralatan yang bisa mengakibatkan cidera dan jangan lupa bahwa gempa bumi bisa terjadi setiap saat. Apabila terjadi gempa bumi lakukanlah hal-hal berikut:
1. Di tempat umum seperti di toko-toko besar atau stasion kereta, pada dasarnya anda harus mengikuti perintah para staf di tempat itu. Jagalah keselamatan diri anda sendiri, jangan memakai elevator karena anda bisa terjebak. Jangan panik dan segera keluar dari gedung.
2. Bila terjadi gempa bumi saat anda berada di jalanan, lindungilah kepala anda dengan menggunakan tas atau benda-benda lainnya dan pergilah ke daerah aman. Jalan sempit, mesin-mesin vending tempat menjual makanan atau minuman, tembok-tembok konkrit, tanggul sungai dan tepi laut bisa menjadi tempat yang bebahaya, karena itu hindarilah sebisa mungkin.
Apabila saat terjadi gempa anda sedang berada di dalam mobil, mintalah pengemudi mobil untuk menghentikan mobil ditempat yang aman di sisi kiri jalanan. Tinggalkan kunci di dalam mobil apabila anda meningggalkan mobil, lalu pergilah ke tempat yang aman dan terbuka di mana kecil kemungkinan anda akan tertimpa benda-benda yang berjatuhan.
3. Apabila anda sedang berada di Pusat pelatihan atau di apartemen, pertama-tama berlindunglah di bawah meja atau ranjang. Apabila ada pipa gas, tutuplah aliran gas guna mencegah terjadinya bencana susulan akibat kebakaran. Jangan meloncat atau bergegas pergi keluar, akan tetapi bukalah pintu untuk memastikan agar nanti anda memiliki jalan keluar.
Gempa susulan bisa terjadi beberapa saat setelah gempa utama. Kejadian ini akan terasa sebagai serangkaian gempa bumi. Saat mengambil tindakan, pertimbangkan kemungkinan yang akan terjadi bila ada gempa susulan.
Sumber: Memulai Kehidupan Anda di Jepang
The Association For Overseas Technical Scholarship (AOTS)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

BUKU RAPORT PAUD DAN PLAYGROUP

Mengingat banyaknya temen-temen yang mampir ke Blog mencari contoh format Buku Raport PAUD dan Playgroup atau apapun istilahnya, buku laporan perkembangan anak didik PAUD dan sebagainya silahkan tinggalkan alamat email di komentar atau shoutbox. Mohon maaf tidak bisa diposting karena filenya berupa format MS Word. Update 25/12/2013: Ini sudah dapat diupload contoh format raport nya di sini Link nya : http://www.scribd.com/doc/193654421/Cover-Buku-Penghubung-PG Semoga bermanfaat

PENGELOLA PAUD HARUS PROFESIONAL (Aparat harus amanah!...)

sumber: http://diskominfo-pde.riau.go.id/index.php?option=com_content&view=article&id=985:pengelolaan-paud-harus-profesional&catid=1:berita&Itemid=11 PENGELOLA PAUD HARUS PROFESIONAL Jumat, 23 Oktober 2009 16:31 (Diskominfo-PDE Online) Sesuai dengan Undang-undang Nomor 20/2003 menyatakan bahwa Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) adalah suatu upaya pembinaan yang ditujukan bagi anak sejak lahir sampai dengan usia 6 tahun yang dilakukan melalui pembinaan stimulasi (ransangan) jasmani, dan rohani anak agar memiliki kesiapan memasuki pendidikan lebih lanjut. "Semakin meningkatnya orang tua bekerja diluar rumah, membuat fungsi keluarga sebagai tempat untuk mendidik anak semakin berkurang. Kompleksnya kebutuhan anak selaras dengan perkembangan Iptek juga menuntut perlunya lembaga/pihak lain yang mampu menangani pendidikan anak secara profesional," sebut Kepala Unit Pelaksana Teknis Pengembangan dan Pelatihan Pendidikan Non Formal dan Informal (UPT P3NFI) Kadirman Aries

Promo Tas Eiger