Langsung ke konten utama

Ramadhan 1428H

http://pk-sejahtera/ .org
Kamis, 06 September 2007 10:39:11
Ramadhan 1428 H Dewan Syariah PKS Tidak Tetapkan 1 Ramadhan dan 1 Syawal 1428 H
"Kewajiban shiyam(puasa) Ramadhan dan mengagungkan syiar hari raya Islam (Iedul Fitri) memberikan banyak pesan. Salah satu pesan itu adalah mempersatukan ummat dalam ibadah dan syiar yang sama (wihdatul ummah/persatuan ummat) agar semuanya dapat menikmati kesejukan spriritual dan kehangatan sosial."

PK-Sejahtera Online: Dewan Syariah Pusat Partai Keadilan Sejahtera (DSP PKS) tidak menetapkan tanggal 1 Ramadhan 1428 Hijriah sebagai awal puasa. Hal itu setidaknya terlihat dari Bayan(penjelasan) DSP PKS tentang awal Ramadhan dan Iedul Fitri 1428 H nomor 13/B/K/DSP-PKS/ 1428.

Secara tertulis memang DSP tidak menuliskan tidak menetapkan tanggal awal Ramadhan yang ditunggu-tunggu masyarakat. Dalam Bayan tersebut, DSP menyebutkan bahwa shiyam (puasa) Ramadhan dan Iedul Fitri merupakan ibadah yang disiarkan secara kolektif (jama'i), sehingga memberikan kesan wihadatul ummah(persatuan ummat).

Bayan yang ditandatangani oleh Ketua DSP PKS DR Surahman Hidayat, MA, itu juga mengutip sabda Rasulullah SAW yang diriwayatkan oleh At-Tirmidzi: "Puasa adalah di hari kalian puasa, berbuka adalah di hari kalian berbuka dan Iedul Adha adalah di hari kalian berkurban".
"Bahwa yang dimaksud `puasa' dan `lebaran' adalah berpuasa dan berlebaran bersama mayoritas kaum muslimin," kutip Dewan Syariah dari buku Tuhfatul Ahwadzi, juz 2 halaman 235.

Dengan dikeluarkannya Bayan tersebut, Dewan Syariah PKS menghimbau kepada kader PKS agar melaksanakan puasa bersamaan dengan kaum muslimin yang ada di sekitarnya.
"Kalau di sekitarnya awal puasa tanggal 13 ya silahkan(kader PKS mengikuti). Kalau di sekitarnya tanggal 14 juga silahkan," kata DR Surahman Hidayat, MA, Kamis(6/9) pagi ini.

Pengirim: Mohammad Yusuf Update: 06/09/2007 Oleh: Mohammad Yusuf

Komentar

Postingan populer dari blog ini

BUKU RAPORT PAUD DAN PLAYGROUP

Mengingat banyaknya temen-temen yang mampir ke Blog mencari contoh format Buku Raport PAUD dan Playgroup atau apapun istilahnya, buku laporan perkembangan anak didik PAUD dan sebagainya silahkan tinggalkan alamat email di komentar atau shoutbox. Mohon maaf tidak bisa diposting karena filenya berupa format MS Word. Update 25/12/2013: Ini sudah dapat diupload contoh format raport nya di sini Link nya : http://www.scribd.com/doc/193654421/Cover-Buku-Penghubung-PG Semoga bermanfaat

PENGELOLA PAUD HARUS PROFESIONAL (Aparat harus amanah!...)

sumber: http://diskominfo-pde.riau.go.id/index.php?option=com_content&view=article&id=985:pengelolaan-paud-harus-profesional&catid=1:berita&Itemid=11 PENGELOLA PAUD HARUS PROFESIONAL Jumat, 23 Oktober 2009 16:31 (Diskominfo-PDE Online) Sesuai dengan Undang-undang Nomor 20/2003 menyatakan bahwa Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) adalah suatu upaya pembinaan yang ditujukan bagi anak sejak lahir sampai dengan usia 6 tahun yang dilakukan melalui pembinaan stimulasi (ransangan) jasmani, dan rohani anak agar memiliki kesiapan memasuki pendidikan lebih lanjut. "Semakin meningkatnya orang tua bekerja diluar rumah, membuat fungsi keluarga sebagai tempat untuk mendidik anak semakin berkurang. Kompleksnya kebutuhan anak selaras dengan perkembangan Iptek juga menuntut perlunya lembaga/pihak lain yang mampu menangani pendidikan anak secara profesional," sebut Kepala Unit Pelaksana Teknis Pengembangan dan Pelatihan Pendidikan Non Formal dan Informal (UPT P3NFI) Kadirman Aries

Promo Tas Eiger