Langsung ke konten utama

Program Profesi Guru Gratis (TK sampai SMA)

sumber: http://www.riaupos.com/new/otonomi.php?act=full&id=599&kat=1

Program Profesi Guru Gratis
11 Juni 2010
36 klik Beritahu Teman
PEKANBARU (RP)- Meskipun pemerintah pusat segera mengakhiri program sertifikasi guru pada 2014, namun bagi guru dan calon guru yang ada saat ini jangan khawatir. Pasalnya, pemerintah telah menyiapkan program pengganti sertifikasi guru yang dikenal dengan nama Program Profesi Guru (PPG).


Menurut penanggung jawab penyelenggara PPG Rayon V Riau dan Kepulauan Riau Prof Dr Isjoni MSi pada PPG ini guru tidak lagi mengumpulkan portofolio sebagai syarat untuk kelulusan sertifikasi. di PPG, guru non lulusan FKIP ataupun harus mengikuti program satu tahun bagi guru untuk mendapatkan sertifikat pendidik profesional.

‘’Ini merupakan program nasional dari pemerintah pusat, dan dilaksanakan pada 2010 ini untuk guru dalam jabatan, sedangkan guru pra jabatan 2013, dimana hak dan kewajibannya sama dengan guru yang lulus sertifikasi,’’ kata Isjoni saat melakukan sosialisasi PPG dihadapan ratusan kepala sekolah TK se-Pekanbaru, Kamis (10/6) di Gedung Guru Riau.Pada PPG ini, Dekan FKIP Unri ini menyebutkan perlu diketahui dan diingat bagi seluruh guru tidak dikenakan biaya alias gratis, karena semua program itu ditanggung pemerintah. Namun untuk guru yan akan mengikuti

PPG mulai dari TK sampai SMA sederajat terlebih dahulu melakukan MoU antara FKIP dan sekolah-sekolah.

Untuk itu pada sosialisasi ini disampaikan bagaimana guru yang mengikuti PPG, dan persyaratan apa yang harus dilampirkan. Adapun guru-guru yang mengikuti PPG ini tidak ada pengecualian, semua guru bisa mengikutinya, mulai guru TK, hingga guru SMA sederajat.

‘’Secara nasional kuota PPG mencapai 146 ribu guru. Jumlah diperuntukkan bagi 33 provinsi di tanah air dan untuk kuota Riau sendiri, saat ini masih menunggu. Maka dari itu sembari menunggu kuota yang diberikan pusat, dilakukan sosialisasi terlebih dahulu, tujuannya agar para guru dapat memahami dan mengetahui secara sempurna.

Selain itu juga, pada PPG ini pemerintah bertujuan untuk meningktan kompetensi guru, baik kompetensi padagogik, pribadi, disiplin keilmuan dan kompetensi peribadi.(*3/fia)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

BUKU RAPORT PAUD DAN PLAYGROUP

Mengingat banyaknya temen-temen yang mampir ke Blog mencari contoh format Buku Raport PAUD dan Playgroup atau apapun istilahnya, buku laporan perkembangan anak didik PAUD dan sebagainya silahkan tinggalkan alamat email di komentar atau shoutbox. Mohon maaf tidak bisa diposting karena filenya berupa format MS Word. Update 25/12/2013: Ini sudah dapat diupload contoh format raport nya di sini Link nya : http://www.scribd.com/doc/193654421/Cover-Buku-Penghubung-PG Semoga bermanfaat

PENGELOLA PAUD HARUS PROFESIONAL (Aparat harus amanah!...)

sumber: http://diskominfo-pde.riau.go.id/index.php?option=com_content&view=article&id=985:pengelolaan-paud-harus-profesional&catid=1:berita&Itemid=11 PENGELOLA PAUD HARUS PROFESIONAL Jumat, 23 Oktober 2009 16:31 (Diskominfo-PDE Online) Sesuai dengan Undang-undang Nomor 20/2003 menyatakan bahwa Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) adalah suatu upaya pembinaan yang ditujukan bagi anak sejak lahir sampai dengan usia 6 tahun yang dilakukan melalui pembinaan stimulasi (ransangan) jasmani, dan rohani anak agar memiliki kesiapan memasuki pendidikan lebih lanjut. "Semakin meningkatnya orang tua bekerja diluar rumah, membuat fungsi keluarga sebagai tempat untuk mendidik anak semakin berkurang. Kompleksnya kebutuhan anak selaras dengan perkembangan Iptek juga menuntut perlunya lembaga/pihak lain yang mampu menangani pendidikan anak secara profesional," sebut Kepala Unit Pelaksana Teknis Pengembangan dan Pelatihan Pendidikan Non Formal dan Informal (UPT P3NFI) Kadirman Aries

Promo Tas Eiger